Thursday, October 31, 2013

Mengenal Jenis Penyakit HIV / AIDS


Mengenal Jenis Penyakit HIV / AIDSvirus imunodifisiensi manusia ( human immunodeficiency virus/hiv ) yaitu satu virus yang bisa mengakibatkan penyakit aids. virus ini menyerang manusia serta menyerang sistem kekebalan ( imunitas ) tubuh, hingga tubuh jadi lemah saat melawan infeksi. dengan kata lain, kehadiran virus ini didalam tubuh dapat mengakibatkan defisiensi ( kekurangan ) sistem imun. 


Mengenal Jenis Penyakit HIV / AIDS

pada th. 1983, jean claude chermann serta françoise barré- sinoussi dari perancis sukses mengisolasi hiv untuk pertama kalinya dari seorang penderita sindrom limfadenopati. awal mulanya, virus itu dimaksud alv ( lymphadenopathy-associated virus ) berbarengan dengan luc montagnier, mereka menunjukkan bahwa virus tersebut adalah penyebab aids. pada awal th. 1984, robert gallo dari amerika serikat juga meneliti perihal virus penyebab aids yang dimaksud htlv-iii. sesudah di teliti selanjutnya, dapat dibuktikan bahwa alv serta HTLV-III adalah virus yang sama serta pada th. 1986, arti yang dipakai untuk menyebut virus tersebut yaitu HIV, atau lebih spesifik lagi dimaksud hiv-1. tidak lama sesudah hiv-1 ditemukan, satu subtipe baru ditemukan di portugal dari pasien yang datang dari afrika barat serta lantas dimaksud hiv-2. melewati kloning serta kajian sekuens ( susunan genetik ), hiv-2 mempunyai perbedaan sebesar 55% dari hiv-1 serta dengan antigenik tidak sama. perbedaan terbesar yang lain pada ke-2 strain ( galur ) virus tersebut terdapat pada glikoprotein selubung. penelitian kelanjutan memperkirakan bahwa hiv-2 datang dari siv ( retrovirus yang menginfeksi primata ) dikarenakan ada kemiripan sekuens serta reaksi silang pada antibodi pada ke-2 type virus tersebut. 


siklus hidup virus hiv 
seperti virus lain biasanya, hiv cuma bisa bereplikasi memanfaatkan sel inang. siklus hidup hiv dimulai dengan penempelan partikel virus ( virion ) dengan reseptor pada permukaan sel inang, diantaranya yaitu cd4, cxcr5, serta cxcr5. beberapa sel sebagai tujuan hiv yaitu sel dendritik, sel T, serta makrofaga. beberapa sel tersebut ada pada permukaan susunan kulit didalam ( mukosa ) penis, vagina, serta oral yang umumnya jadi area awal infeksi hiv. disamping itu, hiv juga bisa segera masuk ke aliran darah serta masuk dan bereplikasi di noda limpa.  

sesudah melekat, selubung virus dapat melebur ( fusi ) membran sel hingga isi partikel virus dapat lepas didalam sel. setelah itu, enzim transkriptase balik yang dimiliki hiv dapat merubah genom virus yang berbentuk rna jadi dna. lantas, dna virus dapat dibawa ke inti sel manusia hingga bisa menyisip atau terintegrasi dengan dna manusia. dna virus yang menyisip di dna manusia dikatakan sebagai provirus serta bisa bertahan cukup lama didalam sel. waktu sel teraktivasi, enzim- enzim spesifik yang dimiliki sel inang dapat mengolah provirus sama juga dengan dna manusia, yakni diubah jadi mrna. lantas, mrna dapat dibawa keluar dari inti sel serta jadi cetakan untuk membuat protein serta enzim hiv. beberapa rna dari provirus yang disebut genom rna virus. sisi genom rna tersebut dapat dirakit dengan protein serta enzim sampai jadi virus utuh. pada step perakitan ini, enzim protease virus bertindak mutlak untuk memotong protein panjang jadi sisi pendek yang menyusun inti virus. jika hiv utuh sudah masak, maka virus tersebut bisa keluar dari sel inang serta menginfeksi sel selanjutnya. sistem pengeluaran virus tersebut melewati pertunasan ( budding ), dimana virus dapat memperoleh selubung dari membran permukaan sel inang. Mengenal Jenis Penyakit HIV / AIDS

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon