-->

Saturday, March 26, 2016

Apa itu CCTV

Apa itu CCTV - CCTV atau Close Circuit Television, adalah perangkat pengawas yang telah banyak dikembangkan, dikatakan Close Circuit karena menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, berbeda dengan televisi biasa yang hanya menggunakan sinyal siaran.
secara umum, CCTV banyak digunakan sebagai pelengkap keamanan yang kini telah banyak dimanfaatkan berbagai perusahaan semisal Bank, Militer, Bandara, Pabrik, toko, kantor, dan bahkan rumah pribadi.
CCTV ini pun pertama kali ditemukan oleh insinyur asal germany di tahun 1942, awal mulanya ketika germany hendak melakukan uji coba rocket yang mereka sebut roket v2.  mereka ingin memantau pergerakan roket sehingga membutuhkan suatu alat agar dapat memantau lebih dekat namun dari jarak jauh. berhubungan dengan hal tersebut sehingga Walter Brunch yang didampingi oleh pengembang siemens ag kemudian berhasil merancang alat yang sering kita sebut dengan cctv.
pada Tahun 1949, sistem keamanan tersebut telah bebas dijual dan beredar di pasar Amerika yang pada waktu itu diberi nama vericon. setelah itu di Tahun 1968, cctv mulai di instalasi di sepanjang jalan kota New York, Olean. dengan maksud untuk memantau guna meminimalisir setiap kejahatan yang terjadi. dari hal tersebut sehingga berbagai departemen kemudian memulai untuk memanfaatkan sistem keamanan tersebut.
Kepolisian NYPD di Tahun 1973 juga mulai menggunakan cctv sebagai senjata untuk meminimalisir angka kejahatan dengan melakukan instalasi di berbagai titik sehingga dengan mudah melakukan pemantauan. dan di tahun 1985 bournemount kembali melakukan uji coba sistem keamanan dengan memasang di luar ruangan seperti jalan raya, stasiun dan berbagai kebun.
Hingga pada jaman ini, Penggunaan CCTV dari waktu ke waktu menjadi sangat umum di jumpai di berbagai tempat guna mencegah terjadinya pencurian dan tindakan jahat lainnya. Disebutkan bahwa tempat pertama yang menggunakan CCTV di Britania Raya adalah King’s Lynn , Norfolk.
Sekarang, perkembangan CCTV sangat melaju pesat.Tiap hari semakin banyak orang yang menggunakan CCTV untuk hal keamanan dan sebagai alat memonitoring. perkembangan teknologi cctv ini pun makin memanjakan para pengguna dengan banyaknya cara untuk memantau lokasi yang di pasangi, bukan hanya melalui personal komputer, namun dengan adanya jaringan internet kita sudah bisa memantau melalui smartphone.
seperti itulah kilas tentang Apa itu CCTV, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca..

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon