Saturday, December 3, 2011

bantimurung kingdom of butterfly


Sejarah singkat Bantimurung Objek wisata Terbaik di sulawesi selatan
Menurut sejarahnya Bantimurung berasal dari dua kata dalam bahasa Bugis halus. kisahkan dalam suatu cerita rakyat setempat bahwa air terjun tersebut ditemukan oleh Karaeng Simbang, bersama pengikutnya. Karena suara air terjun yang menderu-deru, Karaeng Simbang menamakan air terjun itu dengan cara menggabungkan dua kata "benti" yang berarti air dan "merrung" yang artinya bergemuruh. Seiring perkembangan jaman dan bahasa setempat, Bentimerrung lama kelamaan dilafalkan menjadi Bantimurung. Pada zaman penjajahan belanda pun bantimurung sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, peneliti dalam dan luar negeri.

bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi selatan

Saat ini Taman wisata bantimurung berada pada areal Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung TN.Babul) Taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan tanggal 18 Oktober 2004. Terletak di kabupaten Maros propinsi Sulawesi Selatan (-+ 50 km dari kota makassar, dan -+12 km dari kota kabupaten Maros) dengan luas 43.750 Hektar. Selain air terjun Di Taman Nasional Bantimurung bulusaraung, ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi, seperti Museum Nasional Kupu-kupu, Gua Batu dan Gua Mimpi, Cagar Alam Bantimurung, Taman Wisata Gua Pattunuang, Cagar Alam Karaenta serta Gua purbakala leang-leang,dan Waterboom yang masih dalam tahap pengembangan. Untuk menikmati keindahan tersebut pihak pengelola memberikan tarif Rp.10.000,- untuk turis lokal dan Rp. 20.000,- untuk turis asing (sudah termasuk asuransi kecelakaan bro). Harga tersebut tidak termasuk jika pengunjung ingin didampingi oleh pemandu yang akan mengatar berkeliling, tarif yang dikenakan pun berpariatif antara 50 sampai 100 ribu tergantung  pedekate dan lobi-lobi antara pengunjung dan pemandu.

waterfall bantimurung

Air terjun Bantimurung adalah salah satu obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. dengan lebar lebih kurang 20 meter dan ketinggian 15 meter dikelilingi hijaunya pepohonan yang tumbuh menjulang tinggi semakain menambah keindahannya dipandang mata karenanya kurang afdol rasanya jika berkunjung ketempat ini tanpa mengabadikan moment bersejarah ini.

kingdom of butterfly
Nama lengkapnya Alfred Russel Wallace, asal Inggeris (1856) seoorang zoology menamakan Bantimurung sebagai The Kingdom of Butterfly, karena di kawasan ini terdapat berbagai jenis dan spesies kupu-kupu. dalam penelitiaannya Wallace menemukan sekitar 270 jenis kupu-kupu (butterfly) di kawasan Bantimurung. menurutnya jumlah ini merupakan 10,8 persen dari jenis kupu-kupu yang ada didunia saat itu. olenya itu, Bantimurung juga disebut sebagai Taman kupu-kupu terlengkap di dunia. pemerintah daerah kabupaten maros sedang berupaya melakukan penangkaran untuk menjaga kelestarian kupu-kupu dari ancaman kepunahan. Bagi sobat yang pernah berkunjung ke bantimurung di pintu masuk Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN. BABUL), ribuan kupu-kupu Kupu-kupu awetan akan menyambut Anda. Sayap-sayap indah terkembang, dalam bingkai, terpajang di kios-kios suvenir cendera mata yang digemari para pengunjung, harga yang ditawarkan berpariasi mulai 10ribuan sampai 500ribuan tergantung jenis kupu-kupu dan kualitas bingkainya.
Seolah berada dalam mimpi
Di kawasan ini juga terdapat beberapa Gua salah-satunya yaitu Gua Mimpi, mengapa dikatakan gua mimpi? sebab jika kita berjalan menyusuri gua sepanjang 1500 meter kita akan terkesimak dengan kilauaan ornamen-ornamen stalakmit dan stalaktit yang menakjubkan. untuk bisa menikmati keindahan dalam gua kita harus mempersiapkan stamina yang cukup prima. hal ini disebabkan karena kita harus berjalan kaki -+ 500 meter dengan medan pendakian berbatu yang cukup terjal. jangan heran jika ditengah perjalanan kita menemukan tempat peristirahatan sejenak untuk memulihkan stamina yang loyo. tiba di mulut gua, biasanya kita akan disambut oleh beberapa orang penduduk sekitar yang juga mengais rezeki dengan mempersewakan alat penerangan berupa senter. Tarifnya pun bervariasi mulai dari harga 20ribu hingga 35ribuan perbuah. (konon tarif sewa senter ini didasarkan pada klasifikasi usia, status dan pendidikan pengunjung. silahkan melakukan observasi lapangan).

Kawan, gambaran tentang keindahan bantimurung diatas tidak akan pernah tuntas untuk dituliskan dengan satu, dua postingan.sebab bantimurung menyimpan banyak cerita, dan kenangan manis bagi setiap orang yang pernah berkunjung. saya pun yakin diantara mereka yang pernah menginjakkan kaki di batimurung sepakat dengan saya bahwa bantimurung Objek wisata Terbaik di Sulawesi selatan bahkan dunia.

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon