Sunday, December 11, 2011


Siapa yang tidak kenal dengan Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan?? tentu bagi mereka yang mempunyai hobi tour dan pernah melihat keajaiban Tuhan ini tak akan menolak jika Penulis-katakan bahwa Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan. Objek Wisata ini mempunyai berbagai macam keindahan khas, Gunung indah disekelilingnya yang menurut versi Koran-baru menduduki peringkat ke-17 gunung terindah di-Indonesia, Kupu2 yang menawan danselalu setia menghiasi setiap-penglihatan para pengunjung, Gua-batu dengan berbagai kisah historisnya dan Gua Mimpi, selain itu yang Urgen dari tujuan setiap pengunjung adalah Air Terjun dengan keanggungan-nya, boleh dikata air terjun bantimurung ini adalah salah satu keajaiban-dunia (versi-pribadi). betapa tidak, selain menjadi pemandangan paling indah juga memiliki air yang tak kunjung kering sehingga berbagai jenis-tanaman yang berada dijalur air tersebut tetap tumbuh subur meski musim-kemarau panjang. jadi, wajarkan ketika penulis yang tampan ini mengatakan bantimurung adalah objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan


Klo nda salah bulan juli lalu, ada 19diplomat dari 14Negara Asia yang berkunjung ke-Bantimurung, mereka menikmati suasana fenomenal bantimurung yang sampai saat ini-pun masih terjaga ke-alamian-nya. perawakan khasnya dengan berbagai pohon membuat ke-19 turis tesebut terkagum-kagum sehingga menghabiskan banyak waktu  untuk mengabadikan kehadirannya dengan sebuah kamera-lensa. mereka beranggapan "Kunjungan kami ini cukup menyenangkan, kami merasa Bantimurung punya ketertarikan tersendiri dan pemandangan-alam yang sangat indah, Belum lagi letak air-terjunnya yang menakjubkan. Bagi kami,  Keindahan seperti ini susah untuk ditemukan ditempat lain, sebuah pemandangan yang alami dan masih terjaga".ungkap turis dalam Harian fajar.
Panorama Alam seperti ini memang sulit didapatkan, Mengapa demikian??. karena Air terjun se-spektakuler ini hanya terletak di-distrik Bantimurung Kabupaten-Maros. berada disebuah bukit kapur curam dengan vegetasi-tropis lembah-subur, sehingga membuat daerah ini merupakan habitat ideal bagi berbagai jenis kupu-kupu dan burung-langka yang menjadi salah satu manfaatnya, tempat ini kurang lebih 15km dari Daerah Turikale, Ibukota Kabupaten-Maros, sekitar 40mil dari kota Makassar Ibukota Provinsi Sulawesi-Selatan, dengan jarak tempuh kurang lebih 45menit.

 

 Mari kita runut Sejarah-Singkatnya

Nama Bantimurung
Berawal dari Perjanjian Bongaya (1667-1669), Maros disepakati sebagai daerah kekuasaan Belanda namun tetap dipimpin Bangsawan-Pribumi yang kemudian menjadikan Kerajaan-maros sebagai wilayah Regentschaap dan kemudian berubah menjadi Distrik Adat-Gemenschaap.
Pada tahun 1923, Patahoeddin Daeng Paroempa kemudian menjadi Karaeng(Raja)Simbang. Beliau melakukan penataan-pembangunan diwilayah kekuasaannya. Salah satu program yang dijalankan yaitu pembuatan jalan-melintas Kerajaan-Simbang yang mempermudah perjalanan kebeberapa daerahnya. Pada pertengahan pembangunan para pekerja tidak berani melanjutkan proyek tersebut karena mendengar suara gemuruh keras. Karaeng-Simbang pemimpin langsung proyek ini memerintahkan pegawai-kerajaannya untuk memeriksa ke-hutan asal suara tersebut, setelah diperiksa ternyata suara gemuruh berasal dari air yang merambah ke-batu cadas, mendengar hal itu Raja-simbang segera ke-TKP dan ternyata beliau terpana takjub menyaksikan luapan air begitu besar yang mengalir jatuh dari atas gunung. Beliau lalu berujar; “Makessingi kapang narekko iyae onroangngnge diasengi Benti-Merrung!“ (Mungkin baik jika tempat ini dinamakan air-bergemuruh) dari benti-merrung lama-kelamaan bergeser menjadi Bantimurung.

Gua-Mimpi
Dikatakan Gua-mimpi karena didalam Gua tersebut ada stalaktit-batu yang terbentuk dari tetesan-air dengan sekumpulan Kristal sehingga jika berada didalamnya seolah-olah sedang bermimpi. Karena itulah disepakati Nama Gua-Mimpi.

Gua-Batu
Konon katanya Gua-batu adalah tempat Raja-Bantimurung melaksanakan ibadahnya, dikatakan sebagai gua-batu karena didalamnya terdapat berbagai jenis batu unik diantaranya;
  • Batu Kaki Gajah, dikatakan kaki gajah karena batunya mirip kaki-gajah.
  • Batu Jodoh, batu-unik ini adalah dua batu menyatu, stalakmit dan stalaktit dipercaya mampu mendatangkan jodoh (yg susah dpt jodoh kesini aja, dijamin sepulang dari bantimurung cewek2/cwok2 pada nempel tapi kudu operasi-plastic dulu) :p
Dalam gua ada gua???..untuk masuk kedalam harus merunduk dikarenakan lubang yang lumayan sempit. Didalam sanalah tempat Raja-bantimurung beribadah. Oia, sebelum sampai Gua-batu anda akan melihat Makam yang lagi menyendiri, nah itu adalah kuburan Raja-Bantimurung.

Kingdom Of Butterfly (Museum Kupu2)
Alfred Russel Wallace (Pakar zoology-Inggris,1856) berkunjung ke bantimurung untuk sebuah penelitiannya, alhasil Wallace menemukan sekitar 270 Jenis Kupu-kupu dikawasan Bantimurung dan menurutnya jumlah tersebut mencapai 10,8% dari jenis kupu-kupu yang ada didunia pada waktu itu (waow, terakhir aku kesana kok Cuma melihat tak lebih dari 10 jenis kupu2??) juga pernah menjadi wadah pelaksana International Conference-Butterfly. Jika berjalan memasuki gerbang Alam, akan terlihat ribuan jenis kupu2 kering yang indah (diawetkan-ki bedeng tp na kalah banyak jumlah yg masih hidup, cup..cup..cup). Diantara kupu-awetan yang dijual adalah kupu2-langkah Ornithoptera priamus dan Ornithoptera goliath. (Perasaan spesies ini dilindungi deh, tp kok hmmm?????).
Jadi, jika mencari objek wisata terbaik disinilah tempatnya karena hanya Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan.

17 komentar

masih mau diperbaiki....

waduh, iya salah judulnya.
rombaak.

tulisan sudah bagus...
modelnya harus diperbaiki mungkin...

makasih neng.
iya nih, masih awam soalnya, ada saran buat style gak ? :)

klo sy ygsuper awam yaa...bagusmi ini

bulan depan ae mau jalan kesulawesi,,mau coba ae ini tempat...

datang aja, di jamin bakal rugi..
eh, maksudnya gak bakal rugi. hhe

Om sekedar koreksi keyword yang pertama kurang huruf "r" jadinya tebaik :p

iya yah..hahaha, teliti jg.
sudah diluruskan. thanks suhu. :)

tulisannya bagus....... bantimurung is the best.....

sungguh sayang ketika di sulsel beberapa waktu yang lalu, saya ndak sempat menikmati keindahan bantimurung. semoga tetap menjadi aset wisata yang dirindukan para pengunjung.

horeeeee!! rencana longwiken besok ke bantimuruuuung :-) terima kasih review-nya

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon