Friday, January 20, 2012


ketika sang anak bertanya arti politik
cerita ini adalah sebuah ilustrasi seorang anak yang bertanya kepada ayahnya tentang arti Politik, namun ketika sang anak bertanya, ayah tersebut hanya memberi jawaban dengan analogi sederhana, hal ini dilakukan ayah sebenarnya juga untuk mengacu adrenalin berfikir anaknya namun karena realitas yang tak sengaja dilihat anaknya dimalam hari malah membuat ayahnya bingung.. langsung saja baca alur ceritanya.


ANAK : ayah, dapatkah ayah menjelaskan ke saya apa arti dari POLITIK itu ?.
AYAH : nak, ayah akan menjelaskan seperti ini, aku adalah pencari nafka bagi keluarga.. jadi sebutlah ayahmu ini KAPITALISME, ibumu adalah pengatur keuangan kita sebut saja dia PEMERINTAH, kami disini untuk memenuhi kebutuhanmu sehingga
kamu kita sepakati dgn sebutan RAKYAT, bibi pembantu kita anggap dia BURUH, sekarang, adikmu yg masih bayi kita sebut dia MASA DEPAN, sekarang pikirkanlah hal
ini dan pertimbangkanlah apakah ini masuk akal bagimu?.

Anak tersebutmasuk kekamar dan memikirkan yang baru saja dikatakan ayahnya.
sesaat Tengah malam, dia mendengar adiknya menangis, lalu ia terbangun dan memeriksanya.. dia menemukan adiknya basah kuyub dan kotor karena adiknya pipis serta buang air besar, anak itu lantas menuju ke kamar orang tuanya dan melihat ibunya sedang tertidur pulas lagi mendengkur, dia tak ingin membangunkan ibunya, kemudian ia berjalan menuju kamar pembantunya, pintunya terkunci dan dia menggintip dari lubang kunci..ia melihat ayahnya sedang bercinta dengan si pembantu.. anak tsb menyerah dan kembali kekamarnya, pagi berikutnya anak kecil itu berkata kepada ayahnya guna mempertegas ke-penasarannya.

Anak : ayah sekarang aku sudah mengerti apa itu POLITIK.
AYAH : baguslah kalau begitu coba jelaskan sama ayah.
ANAK : begini yah, ketika KAPITALISME sedang memanfaatkan BURUH, RAKYAT hanya bisa menonton dan bingung melihat MASA DEPAN berada dalam kesulitan besar. sedangkan pemerintah hanya bisa tertidur dalam kekuasaannya. betul kan yah ?.

sahabat yang baik, kurang lebih seperti itulah kejadian2 yang saat ini terjadi, jangan hanya sekedar membaca tapi pahamilah apa maksud dibalik cerita Ketika sang anak bertanya arti politik.. terima kasih telah berkunjung dan masih mau membaca artikel dari blog yang sangat sederhana ini. 

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon