Friday, August 23, 2013

Sejarah Perkembangan OS Apple

SEJARAH PERKEMBANGAN OS APPLE - OS Apple atau yang lebih di kenal dengan Machintosh Operating System ( Mac OS ) adalah system operasi komputer yang dibikin oleh apple. apple yang pada mulanya bernama apple computer inc. yaitu sesuatu perusahaan silicon valley berbasis di cupertino, california, yang bergerak didalam bidang teknologi komputer. mac os adalah sistem pengoperasian pertama yang memakai antarmuka pengguna grafis ( gui ). sistem operasi pada mulanya yaitu mac os x versi 10. 4 ( tiger ). lantas oktober 2007 diluncurkan versi 10. 5 ( leopard ).

apple pertama didirikan pada tanggal 1 april th. 1976 oleh steve jobs, steve wozniak, serta salah seorang insyiur atari yang bernama ronald wayne. pada th. 1975, dia bekerja di hewlett-packard serta menolong temannya steve jobs mendisain video game untuk atari. pada waktu itu, wozniak sudah beli computer time pada berbagai type minicomputer yang di-host oleh call computer, sesuatu perusahaan timesharing. product pertama perusahaan apple ini dinamakan apple i diciptakan oleh steve wozniak.
lantas dengan pendapatan dari penjualan apple i, dia dapat mengawali produksi komputer yang lebih canggih, apple ii diperkenalkan pada publik pada west coast computer faire pada bln. april 1977.
perbedaan utama dengan apple i yaitu penampilan tv yang didesign keseluruhan, dimana penampilan disimpan di memori. lewat cara ini, monitornya bukan sekedar dapat menampilkan teks, tetapi apple ii dapat menampilkan gambar, serta selanjutnya, warna. dengan dana serta design casing yang baru, apple ii dilepaskan pada th. 1977 serta jadi komputer yang umumnya diasumsikan dengan timbulnya pasar pc. jutaan unit terjual hingga th. 1980an. yang terhitung kedalam jenis apple ii yaitu apple ii+, iie, iic, iic+, iie enhanced, iie platinum, serta paling akhir 16-bit iigs,

diperkenalkan di th. 1986. apple dos tidak lama sesudah apple ii diluncurkan, pada bln. juli 1978 meluncurkan system operasi apple berbasis dos pertama. ini disadari bahwa sesuatu disk drive yaitu amat mendesak untuk komputer. wozniak menciptakan satu disain brilian untuk sesuatu floppy disk drive, serta demikian yang diperlukan dos. apple dos tidak dinamakan versi i tetapi dimaksud versi 3. 1 dikarenakan ini implementasu. adalah satu pernbaikan perhitungan x. y paul laughton. setiap saat ia meng-compile kembali source program diawali dengan x = 0, y= 1, serta setiap saat y meraih 9, nilai x jadi tambah 1. apple dos beta sudah diuji seperti versi 3. apple pascal

Sejarah Perkembangan OS Apple
p-system dari kampus california pada san diego ( ucsd ) yaitu yang amat popular pada th. 1970 an serta awal 80. dua mahasiswa ucsd, mark allen serta richard gleaves mengembangkan satu microprosesor 6502 interpreter pada musim panas 1978, kemudiannya ini jadi basis untuk apple ii pascal dilepaskan pada th. 1979. apple cp/m di th. 1980 microsoft memperkenalkan satu co-processor circuit board dengan nama softcard. softcard sangat mungkin apple ii untuk menggerakkan program z-80 berbasis pada sistem operasi cp/m yang memiliki sesuatu software program perpustakaan, seperti dbase serta wordstar. tak hanya dari microsoft ada kartu coprocessor lain seperti seperti motorola 6809, kedua-duanya untuk z-80. apple sos apple iii diperkenalkan pada th. 1980 sebagai komputer untuk beberapa pelaku bisnis. system operasi baru ini dinamakan sos ( sophisticated operating system ).

apple prodos direales pertama dengan versi 1. 0 pada oktober 1983, sebagai pengganti untuk apple dos 3. 3. apple prodos ini adalah peningkatan dari apple sos. machintosh apple macintosh diluncurkan pada th. 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasarkan dari novel karya george orwell yang juga dinamakan 1984. apple juga membuahkan rencana pewarta apple ( apple evangelist ) yang dipelopori oleh karyawan apple bernama guy kawasaki. apple coba memperkenalkan sesuatu komputer portabel yang lebih popular, powerbook, di awal dekade 1990. generasi pertama product ini dirancang berbarengan sony serta berikan layout untuk komputer portabel yang tetap digunakan hingga saat ini engsel belakang untuk beri dukungan layar, keyboard yang ditempatkan menjorok ke belakang serta trackball ( yang lantas jadi trackpad ) diposisikan di depan keyboard tersebut di th. 1994, apple memperbarui product macintosh mereka enalkan seri power macintosh, yang memakai prosesor power pc hasil hubungan kerja ibm, motorola serta apple. prosesor ini memakai arsitektur risc.

sistem operasi punya apple sesuai supaya piranti lunak yang dikembangkan untuk prosesor yang lebih tua dapat jalan dengan seri prosesor power pc. di th. 2001, apple memperkenalkan mac os x, sesuatu sistem operasi yang didasarkan dari nextstep yang memadukan kestabilan, kehandalan serta keamanan yang dimiliki unix. mac os x server juga dirilis pada th. 2001.
tahapan-tahapan os x :

a. mac os x server 1. 0. code name rhapsody, dirilis maret 1999.
b. mac os x public beta. code name kodiak, dirilis september 2000.
c. mac os x 10. code name cheetah, dirilis maret 2001.
d. mac os x 10. 1. code name puma, dirilis oktober 2001.
e. mac os x server 10. 1. code name puma, dirilis november 2001.
f. mac os x 10. 2. code name jaguar, dirilis agustus 2002.
g. mac os x server 10. 2. dirilis agustus 2002.
h. mac os x 10. 3. code name panther, dirilis oktober 2003.
i. mac os x server 10. 3. dirilis oktober 2003.
j. mac os x 10. 4. code name tiger, dirilis april 2005.
k. mac os x server 10. 4 dirilis april 2005.
l. mac os x 10. 1 code name puma, dirilis 2001
m. mac os x 10. 2 code name jaguar, dirilis 2002
n. mac os x 10. 3 code name panther, dirilis 2004
o. mac os x 10. 4 code name tiger, dirilis 2005
p. mac os x 10. 5 code name leophard, dirilis 2009 
q. dan berkembang hingga mac os x 10.9 yang dirilis 2013.
sekian artikel dari Sejarah Perkembangan OS Apple, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan. kunjungi juga Sejarah Perkembangan Android.

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon