-->

Wednesday, August 21, 2013

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android - type serta versi os android- siapa sih yang hari ini nggak kenal dengan yang namanya android ? yups tentu teman dekat himpunan peristiwa seluruh nya sudah pada tau kan ? sebelum akan masuk lebih jauh kedalam kajian perihal pemahaman beberapa jenis dan versi android os ( operating system ), pasti bakal semakin lebih baik sekiranya pada mulanya himpunan peristiwa terlebih dulu berikan penjelasan serta pengertian perihal apa itu android, kapan serta bagaimana sejarahnya sistem operasi android diciptakan.

peristiwa android, type serta versi android operating system ( os ). secara prinsip android merupakan sesuatu sistem operasi handphone serta komputer tablet layar sentuh ( touchscreen ) yang berbasis linux. tetapi sejalan perubahannya android beralih jadi sesuatu platform yang demikian cepat kala melakukan inovasi buat inovasi. perihal tersebut sudah pasti tidak bisa dilepaskan dari pengembang utama dibelakangnya, yakni google. google yang mengakuisisi android, sesudah itu bikin sesuatu platform di mana beberapa pengembang dapat dengan leluasa berkarya dan menciptakan aplikasi gratis terbaik serta terbuka untuk difungsikan oleh bermacam macam perangkat.
 


faedah mengakomodasikan perihal ini, maka tercetuslah gagasan di mana google berbarengan dengan 34 perusahaan gadget membentuk sesuatu konsorsium bernama open handset alliance yang didalamnya termasuk keterlibatan perusahaan-perusahaan gadget serta handset besar seperti motorola, t-mobile, qualcomm serta lain sebagainya ( tidak terhitung nokia, blackberry serta apple ). sistem operasi android sendiri diluncurkan perdana pada tanggal 5 november 2007 atau kurang lebih 5 th. yang lantas. sejalan dengan perubahan teknologi, waktu ini android udah bertransformasi jadi satu diantara satu diantara sistem operasi yang terbesar serta amat banyak difungsikan di semua dunia yang sesudah itu disusul oleh ios ( apple operating system ), blackberry os, windows phone os, serta symbian os.

type serta versi os android yang kita kenal pada akhir ini lalu benar-benar beraneka serta terus alami pembaharuan buat pembaharuan. sekarang os android udah jadi banyak versi dengan penjelasan seperti berikut :

android versi 1. 1
android benar-benar diluncurkan pertama kali pada th. 2007, tetapi sistem operasi ini mulai dirilis serta digunakan ke bermacam gadget pada tanggal 9 maret 2009 silam. android versi 1. 1 adalah android awal yang di mana versi ini baru berikan sentuhan dibeberapa aplikasinya, salah satunya yakni sistem antar muka buat pengguna ( user interface ) yang tambah baik, jam serta lebih dari satu aplikasi standar yang lain.

android versi 1. 5 ( cupcake )

cuma butuh waktu kurang dari 2 bln., yakni pada bln. mei 2009 android kembali alami pergantian versi. android versi 1. 1 sesudah itu disempurnakan dengan android versi 1. 5 atau yang dikenal sebagai android cupcake. pergantian yang berlangsung pada sistem operasi android cupcake dapat di sebut cukup banyak. salah satunya merupakan sistem sarana mengunggah video ke youtube, aplikasi headset nirkabel bluetooth, penampilan keyboard dilayar, dan penampilan gambar bergerak yang lebih atraktif.

android versi 1. 6 ( donut )
donut ( versi 1. 6 ) diluncurkan didalam tempo kurang dari 4 bln. sejak peluncuran perdana android cupcake, yakni pada bln. september 2009. android versi donut mempunyai lebih dari satu fitur yang tambah baik di banding dengan pendahulunya, ialah sanggup menayangkan indikator baterai pada ponsel, pengguna bisa memilih serta memastikan file yang bakal dihapus, zoom-in zoom-out gambar membaca gerakan dan arah gerakan tangan ( gesture ), pemakaian koneksi cdma/evdo, serta lain sebagainya.

 android versi 2. 0/2. 1 ( eclair )
tetap ditahun yang sama, android kembali merilis operating sistem versi terbarunya, yakni android versi 2. 0/2. 1 eclair. android eclair diluncurkan oleh google 3 bln. sesudah peluncuran android versi 1. 6. dengan meluncurkan 4 versi ditahun yang sama, selanjutnya demikian banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk memakai serta mengembangkan android sebagai platform utama yang dipakai untuk handset-handset teranyar mereka. inilah di mana jaman kebangkitan android yang pernah mendobrak doktrin pemakaian sistem layar yang awalannya dilihat kurang user friendly.

pada jaman ini, google sebagai pihak pengembang utamanya memprakarsai sesuatu persaingan pengembangan aplikasi android terbaik yang terbagi jadi 2 sesi di mana tiap-tiap sesi memilih 50 aplikasi terbaik serta pemenangnya memperoleh hadiah duit sebesar 25. 000 usd.

android versi 2. 2 ( froyo : frozen yoghurt )
perlu 5 bln. untuk google untuk lakukan pergantian dari android eclair versi pada mulanya ke versi froyo frozen yoghurt. pada tanggal 20 mei 2010, android versi 2. 2 dengan kata lain android froyo ini dirilis. sistem operasi dengan julukan froyo ini lakukan sebagian up date serta juga pembenahan sekitar aplikasi dan penampilannya. hasrat untuk dapat meletakkan sesuatu kartu ekspansi berupa slot micro sd berkapasitas besar telah dapat diwujudkan oleh os versi ini. aplikasi yang lain yang juga dikerjakan pembaharuan yaitu dukungan adobe 10. 1 dan kecepatan kinerjanya yang jauh tambah baik sampai 5x lebih cepat bila dibanding dengan versi pada mulanya.

android versi 2. 3 ( gingerbread )
7 bln. lantas android kembali lakukan gebrakan dengan merilis kembali android versi 2. 3 atau yang dikenal sebagai android gingerbread. gingerbread tampak amat tidak sama dari sistem operasi pada mulanya di mana penampilan gingerbread tambah lebih atraktif serta telah dapat beri dukungan fitur dual kamera untuk lakukan video call. tidak cuma itu saja, android gingerbread juga mulai mengkonsentrasikan pada kekuatan untuk menambah mutu aplikasi-aplikasi permainan ( games ) yang digerakkan didalamnya.

android versi 3. 0/3. 1 ( honeycomb )
pada bln. mei 2011 android versi 3. 0/3. 1 atau android honeycom dirilis. android honeycomb adalah sesuatu sistem operasi android yang tujuannya memanglah dikhususkan untuk pemakaian tablet berbasis android. halaman pengguna ( user interface ) yang dipakai pada android versi ini juga amat tidak sama dengan yang dipakai pada smartphone android. perihal tersebut sudah pasti dikarenakan oleh penampilan layar yang semakin besar pada tablet dan untuk beri dukungan pemakaian hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang dipakai pada perangkat tersebut.


android versi 4. 0 ( ics : ice krim sandwich )
android ics atau ice krim sandwich juga dirilis pada th. yang sama juga dengan honeycomb, yakni pada bln. oktober 2011. saat ini, android ice krim sandwich adalah di antara sistem operasi yang sangat banyak dipakai oleh beberapa pengembang smartphone yang telah mempunyai nama besar seperti samsung, sony, acer dengan smartphone ics acer liquid gallant e350 terbarunya dan produsen-produsen kelas berat yang lain untuk dipakai pada produk-produk teranyar mereka.

demikian banyak fitur-fitur teranyar yang disematkan pada sistem operasi ini, diantaranya yakni fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis serta resolusi gambar, mutu video, sistem pengenal muka serta ada banyak lagi yang lain.

android versi 4. 1 ( jelly bean )
android jelly bean adalah versi android yang teranyar pada waktu ini. di antara gadget yang memakai sistem operasi jelly bean yaitu google nexus 7 yang diprakarsai oleh asus, vendor asal taiwan yang juga jadi rekan satu kampung halaman dengan acer. fitur teranyar dari sistem operasi android jelly bean ini di antaranya yaitu peningkatan kekuatan on-screen keyboard yang lebih cepat dan lebih responsif, pencarian data kontak dengan fitur voice search serta lain sebagainya.

sekian sebagian informasi yang dapat di sajikan pada sejarah perkembangan android, type serta versi android operating system ( os ) pada peluang saat ini. semoga artikel ini berikan faedah dan pengetahuan baru sekitar sistem operasi android yang saat ini telah amat popular dikalangan pengguna perangkat smartphone serta tablet. silahkan kunjungi juga untuk menambah wawasan tentang sejarah perkembangan OS Apple.

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon