Friday, April 25, 2014

Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

SEJARAH PERKEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER - Perkembangan Jaringan Komputer dimulai dari lahirnya rencana jaringan komputer pada sekitar th. 1940, tepatnya di Negara Amerika. yg digagas oleh suatu proyek pengembangan komputer MODEL 1 di laboratorium Bell serta kelompok penelitian Kampus Harvard yg di pimpin oleh profesor Howard Aiken pada kala itu. Awal kiranya project itu hanya sekedar ingin manfaatkan suatu fitur komputer yang wajib digunakan secara bersamaan. Untuk lakukan berapa sistem tiada banyak buang waktu kosong dibuatlah sistem beruntun atau Batch Processing, agar bberapa program dapat diproses dalam suatu komputer dengan pedoman antrian.

Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer
Selanjutnya ditahun 1950-an saat type komputer mulai maju hingga terbentuknya super komputer, maka suatu komputer perlu melayani berapa tempat yg ada (terminal), maka dari itu ditemukan rencana distribusi sistem berdasar saat yg di kenal dengan nama TSS (Time Berbagi Sistim). Maka untuk pertama kalinya wujud jaringan (network) komputer digunakan. Pada system TSS berapa terminal terhubung dengan cara seri ke suatu komputer atau fitur yang lain yg terhubung dalam satu jaringan (host) komputer. Dalam sistem TSS mulai kelihatan gabungan technologi komputer serta technologi telekomunikasi yg awal mulanya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U. S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memastikan untuk mengadakan penelitian yg punya tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer hingga membuat jaringan organik pada th. 1969. Program penelitian ini di kenal dengan nama ARPANET. Pada th. 1970, telah kira-kira lebih 10 komputer yg sukses dikaitkan kedua-duanya hingga mereka dapat sama sama berkomunikasi serta membuat suatu jaringan. Serta pada th. 1970 itu juga sesudah beban pekerjaan jadi tambah banyak serta harga fitur komputer besar mulai merasakan amat mahal, maka awalilah diperlukan rencana sistem distribusi (Distributed Processing). Dalam sistem ini berapa host komputer lakukan suatu pekerjaan besar dengan cara paralel untuk melayani berapa terminal yg tersambung dengan cara seri disetiap host komputer. Dalam sistem distribusi telah mutlak dibutuhkan gabungan yg mendalam pada technologi komputer serta telekomunikasi, lantaran tak hanya sistem yang penting didistribusikan, seluruhnya host komputer perlu melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Pada th. 1972, Roy Tomlinson sukses menyempurnakan program surat elektonik (e-mail) yg dibuatnya satu tahun yg lalu untuk ARPANET. Program itu saat gampang untuk diperlukan, hingga segera jadi popular. Pada th. yg sama yakni th. 1972, icon at / ‘@’ juga dikenalkan buat simbol utama yg memberikan ‘at’ atau ‘pada’. Th. 1973, jaringan komputer A R P A N E T mulai ekspansi dari amerika serikat guna pengembangannya. Dan komputer pertama yang ada diluar amerika serikat sbg anggota jaringan ARPA adalah Komputer University College di London. Pada th. yg sama yakni th. 1973, dua orang pakar komputer ialah Vinton Cerf serta Bob Kahn mempresentasikan suatu inspirasi yg tambah besar, sebagai cikal akan pemikiran International Network (Internet). Gagasan ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Kampus Sussex. Hari bersejarah seterusnya merupakan tanggal 26 Maret 1976, saat Ratu Inggris sukses mengantar surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Satu tahun selanjutnya, telah kira-kira lebih 100 komputer yg join di ARPANET membuat suatu jaringan atau network.
Tom Truscott, Jim Ellis serta Steve Bellovin, membuat newsgroups pertama yg dinamakan USENET (User Network) pada th. 1979. Th. 1981, France Telecom membuat suatu hal hal yg baru dengan meluncurkan telpon tv pertama, dimana orang dapat sama sama menelepon yg juga terjalin dengan video link.

Bersamaan dengan pertambahan komputer yg membuat jaringan, diperlukan suatu protokol resmi yang bisa diakui serta di terima oleh seluruhnya jaringan. Karena itu, pada th. 1982 dibentuk suatu Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih di kenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yg kita kenal sampai waktu ini. Sesaat itu, di Eropa terlihat suatu jaringan sama yg di kenal dengan Europe Network (EUNET) yg mencakup lokasi Belanda, Inggris, Denmark, serta Swedia. Jaringan EUNET ini sediakan layanan surat elektronik serta newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yg ada, maka pada th. 1984 dikenalkan System Penamaan Domain atau domain name sistem, yg waktu ini kita kenal dengan DNS. Komputer yg tersambung dengan jaringan yg ada telah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yg tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat jadi 10000 lebih.

Jaringan komputer senantiasa berkembang pada th. 1988, Jarkko Oikarinen seseorang berkebangsaan Finlandia temukan sekalian mengenalkan Internet Relay Chat atau lebih di kenal dengan IRC yg sangat mungkin dua orang atau lebih pemakai komputer mampu berhubungan dengan cara segera dengan pengiriman pesan (Chatting). Oleh karena itu, satu tahun selanjutnya jumlah komputer yg sama sama terjalin melonjak 10 kali lipat. gak kurang dari seratus ribu komputer membuat suatu jaringan. Pertengahan th. 1990 adalah th. yg paling bersejarah, saat Tim Berners Lee merencanakan suatu programe penyunting serta penjelajah yang bisa menjelajai komputer yg satu dengan yang lain dengan membuat jaringan. Programe inilah yg dimaksud Waring Wera Wanua atau World Wide Website.


Komputer yg sama sama tersambung membuat jaringan telah melampaui sejuta komputer pada th. 1992. Serta pada th. yg sama terlihat arti surfing (menjelajah). Serta pada th. 1994, situs-situs di internet sudah tumbuh jadi 3000 alamat halaman, serta untuk pertama kalinya berbelanja lewat internet atau virtual-shopping atau e-retail terlihat di web site. Pada th. yg sama Yahoo! didirikan, yg juga bersamaan dengan tahun kelahiran Netscape Navigator. 
kurang lebih seperti itulah sajian Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer semoga artikel diatas dapat memperluas wawasan anda.

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon