Thursday, April 24, 2014

Sejarah Perkembangan Komputer

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER - Perkembangan Komputer pertama bagi sebagian besar orang meyakini bahwa Charles babbage sebagai penemu, ia adalah pakar matematik pada th 1822 namun tetap saja perkembangan komputer itu bertahap dari zaman ke zaman begitu pula dengan pengembangnya. Perubahan serta perkembangan teknologi informasi sudah berkembang dengan benar-benar cepat. Beragam keringanan beroleh informasi dari beragam penjuru dunia bisa kita nikmati dalam hitungan detik. Pada waktu “Zaman Batu” teknologi informasi serta komunikasi dikira untuk suatu hal yg tidak barangkali, saat ini sudah jadi kenyataan. Dengan tehnologi yang luas ini kita mesti bisa memakainya.
Di antara teknologi informasi yang nyaris disetiap tempat kita dapatkan yaitu komputer. Saat ini komputer benar-benar berkembang cepat, nyaris tiap-tiap th. komputer senantiasa alami perubahan. Orang dapat memakai komputer di mana saja di rumah, di cafe, disekolah serta di tempat yang lain. Sedang jenis serta design dari komputer itu sendiri juga alami perubahan. Dahulu jika orang mau memakai komputer maka cuma dapat dikantor atau di rumah, bila saat ini mereka dapat memakai komputer itu di mana saja yang mereka kehendaki.

komputer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata komputer awal mulanya dipergunakan untuk melukiskan orang yang pekerjaannya lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tiada alat bantu, namun makna kata ini lalu dipindahkan pada mesin itu sendiri. Asal awalnya, pemrosesan informasi nyaris eksklusif terkait dengan persoalan aritmatika, namun komputer moderen digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika.
Dalam makna seperti itu ada alat seperti slide rude, type kalkulator mekanik dimulai dari abakus dan sebagainya, hingga seluruhnya komputer elektronik yang kontemporer. Arti tambah baik yang pas untuk makna luas seperti komputer yaitu yang memproses info atau system pengolah informasi. Sepanjang bertahun-tahun telah terdapat banyak makna yang tidak sama dalam kata komputer, serta sebagian kata yang tidak sama itu saat ini dikatakan sebagai komputer.
Kata komputer dengan cara umum sempat dipergunakan untuk mendeskripsikan orang yang lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tiada mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu dipergunakan dalam bhs inggris pada th. 1646 untuk kata untuk “orang yang menghitung” lalu mendekati 1897 juga dipakai untuk “alat kalkulasi mekanis”. Sepanjang perang dunia II kata itu menunjuk kapada beberapa pekerja wanita amerika serikat serta inggris yang pekerjaannya mengkalkulasi jalan artileri perang dengan mesin kalkulasi.


Komputer memiliki bagian-bagian sendiri. komputer terdiri atas 2 sisi besar yakni piranti lunak (software) serta piranti keras (hardware). 
1. Perangkat keras.
  • Prosesor atau CPU untuk unit yang memproses data
  • Memori RAM, tempat menaruh data sementara
  • Hard drive, media penyimpanan media semi permanen
  • Perangkat masukkan, media yang dipakai untuk memasukkan data untuk diolah oleh CPU, seperti mouse, keyboard serta tablet
  • Perangkat keluaran, media yang dipakai untuk menghadirkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor serta printer

2. Perangkat Lunak
  • Sistem operasi

Program basic pada komputer yang menghubungkan pemakai dengan hardwarekomputer. System operasi yang umum dipakai yaitu linux, windows serta mac OS. Pekerjaan system informasi terhitung (tetapi bukan sekedar) mengatur eksekusi program diatasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori dan instalasi software.

  • Program  komputer

Adalah aplikasi penambahan yang dipasang sesuai sama dengan system operasinya.
Perubahan tehnologi komputer dibagi atas empat generasi menurut atas komponen-komponen yang digunakannya, dimulai dari yang memiliki ukuran besar hingga mikro yang searah juga dengan kerumitan komponennya.

1. Generasi Ke-I
Pada generasi pertama ini sebagian komputer dengan kekuatan simpel sudah ditemukan, sebagian adalah komputer yang di buat hanya untuk menolong aktivitas peperangan yang tengah marak berlangsung di beberapa belahan dunia
Awal generasi komputer ditandai dengan kekuatan komputer untuk menaruh program dalam memori. pada mulanya komputer mekanik serta elektrik tak menaruh program dalam memori, namun program-program ditulis dalam kartu yang dilubangi lalu dieksekusi yang dimaksud dengan Punch Card. Pada komputer stored program komputer di kontrol oleh program yang disimpan di memori komputer.

2. Generasi Ke-II
Generasi kedua dimulai dengan pergantian tehnologi basic pembangunan rangkaian. Pada generasi pertama tehnologi basic yang dipakai yaitu tabung hampa, nah pada generasi ke-2 tehnologi basic yang dipakai dalah transistor. Transistor yaitu semikonduktor yang berperan untuk penguat, switch, modulasi tanda dan sebagainya. Manfaat tabung hampa trioda-fleming tercakup didalamnya. Transistor dengan cara resmi di buat pada th. 1947 oleh William shockley, John bardeen, Walter Brattain dari Bell Telephone Laboraories. Penemuan transistor adalah awal tehnologi komputer generasi ke-2 untuk pennganti tabung hampa.

3. Generasi Ke-III
Transistor adalah lompatan tehnologi yang besar. Beberapa peneliti 1950-an coba bikin rangkaian yang terintegrasi dengan tehnologi basic transistor. Usaha ini dikerjakan untuk lebih mengefisienkan kerja komputer. Rangkain yang terintegrasi bakal menambah kecepatan sistem. Perpindahan data dari satu komponen ke komponen lain lebih membutuhkan saat yang lebih sedikit.

4. Generasi Ke-IV
Pada komputer generasi ke empat, tehnologi basic untuk ciri khasnya yaitu pemakaian LSI (Large-Scale Integration) serta VLSI (Very Large-Scale Integration). Pada intinya tehnologi basic generasi ketiga serta ke empat tak tidak sama. Perbedaan terdapat pada tingkat pemapatan generasi ke empat lebih tinggi dibanding generasi ketiga. Pemampatan komponen dalah hal yang logis lantaran dua argumen yakni ekonomis serta cepat. Makin mempat maka cost yang dipakai untuk bangunnya bakal makin sedikit, sebalikknya kecepatannya makin tinggi lantaran jarak antarkomponen yang makin dekat.

5. Generasi-V
Generasi ke lima ditandai dengan tehnologi paralel serta networking. Telah mengetahui internet, awalannya cuma hanya antar kampus saja, tetapi lantaran tehnologi yang makin maju saat ini dunia jadi tak ada batas jarak serta saat. Telah banyak ditemukan situs browser serta jangkauan komunikasi di semua dunia makin tak terbatas jarak serta saat. Hingga saat ii yaitu komputer generasi ke lima yang makin mutakhir serta tengah dikerjakan riset perihal komputer generasi ke enam yang tentunya bakal lebih praktis, efektif, serta irit saat dan cost. Pada generasi ke lima semua dunia dikaitkan dengan internet serta tak menenal batas, jarak, serta saat.

Serta untuk misal komputer yang dipakai, dapat dipandang dari yang dipakai saat ini, dimulai dari notebook super tidak tebal, kemunculan tablet dan handphone yang awalannya berperan untuk alat komunikasi telah dapat lakukan pekerjaan seperti komputer. 
terimakasih telah berkunjung, semoga apa yang anda baca dari blog ini dapat menambah dan memperluas wawasan anda, terutama pada artikel Sejarah Perkembangan Komputer.

Terima kasih karena berkomentar dengan penuh etika
jangan lupa klik like fanspage facebook yah..
EmoticonEmoticon